Yuk Bisnis Online Shop Daripada Nganggur

Bagi yang merasa mengagungkan kalimat “Pergi pagi pulang malem, kerja atau dikerjain?” monggo merapat sini. Karna ane yakin sebagian besar dari kalian kebanyakan masih belum jadi apa – apa atau bahkan masih nganggur dan gatau mau ngapain. 😀

Selow bro, gausah ngerasa kesindir gitu, ane bukan ke nte kok, ane cuma curhat aja suka ada yang pake dp bbm kaya gitu, ane kira do’i udah jadi boss besar atau pengusaha yang punya ribuan pekerja, eeeehh taunya 😉

Di jaman yang serba canggih ini segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Kalo dulu kita musti ke perempatan buat nyari si bang ojek, kalo sekarang lewat sebuah aplikasi kita udah bisa manggil si bang ojek ke rumah, bahkan gosipnya bisa sekalian dimintain tolong beliin makanan.

Setelah ane selidiki secara mendalam tentang aplikasi tersebut, ternyata konsepnya sederhana. Yaitu mempertemukan pengguna setia jasa layanan bang ojek, dengan pengendara sepeda motor yang memiliki sim, memiliki gadget, serta memiliki waktu luang dan bersedia menjadi penyedia jasa layanan bang ojek secara freelance guna mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu nongkrong di perempatan sambil godain dede gemez yang lalu lalang.

ccjmuc8ugaaiixg-jpg-small

Hanya saja, ane secara pribadi mohon dengan sangat agar pengembang aplikasi tersebut lebih selektif dalam memilih penyedia jasa layanan bang ojek guna terjaganya keamanan dan ketertiban berkendara. Karna alangkah bijaksananya apabila mak mak pengendara motor sen kanan belok kiri, dipertimbangkan secara seksama untuk menjadi penyedia jasa layanan mak ojek pada aplikasi ini. Sebab di khawatirkan hal tersebut dapat memicu terjadinya huru hara, bertambahnya korban kecelakaan, dan hilangnya kedamaian di jalanan negara Indonesia yang tercinta ini.

Oke baiklah, kita kembali ke topik.

Ane fokuskan tulisan ini buat nte yang :

  1. Sekarang masih nganggur,
  2. Punya waktu luang, atau
  3. Para pekerja yang memang ingin punya bisnis sambilan.

Buat nte yang ngerasa punya bakat jualan, punya history yang bagus ngejualin barang yang dikasih orang tua, jualin barang temen yang nte pinjem, berbangga lah… Nte punya bakat alami dari lahir dalam berbisnis khususnya dalam jual beli.

Saat ini mulai dari anak – anak, remaja, dewasa, orang tua, sudah mampu dan mengerti menggunakan gadget. Seiring merebaknya penggunaan gadget disemua kalangan, hal ini ternyata menjadi potensi bisnis yang sangat besar dan memicu merebaknya bisnis online shop yang ditunjang dengan jasa pengiriman barang. Sistemnya pun udah dibikin mudah, kita bisa kunjungi lapaknya, pilih produk yang kita suka, hubungi penjualnya, transfer uangnya, dan si penjual bakal kirim produk tersebut ke alamat kita.

Jadi ane rasa, bagi nte yang saat ini masih nganggur, gatau mau ngapain, dan punya waktu luang yang cukup banyak, atau para pekerja yang ingin punya penghasilan tambahan, nte bisa mulai membangun bisnis online shop. Sayang banget rasanya tu gadget cuma dipake stalking mantan yang udah ditikung temen. 😥

Dalam membangun bisnis online ternyata cukup mudah, nte punya produk jual di lapak jual beli atau bikin akun khusus buat jual produk nte di media sosial, dan bisa juga bikin website sendiri yang jual produk nte. Tapi permasalahannya seberapa lama usaha online shop nte bakal bertahan? Seberapa banyak bro and sist yang beli produk nte? Karna banyak sekali juragan online shop yang memilih gulung tikar karna minimnya penghasilan yang mereka dapat dari usahanya.

Beberapa hal yang musti nte lakuin sebelum terjun ke bisnis online shop,

  1. Lakukan riset produk,  carilah produk yang memang cepat perputarannya. Misalnya ada pilihan mau jual keris atau baju. Kalo ane pribadi buat usaha cari duit pasti lebih milih jual baju, karena memang setiap orang butuh baju, jadi kemungkinan yang beli nya juga lebih banyak ketimbang ane jualan keris di online shop.
  2. Pahami apa itu reseller dan dropship, misalnya nte sudah memutuskan untuk menjual baju, namun nte masih belum punya produk baju yang mau nte jual. Saran ane mulailah belajar dari menjadi reseller atau dropship. Reseller adalah orang yang menjual kembali barang yang sudah dia beli dari penjual lama. Dropship adalah sistem dimana nte meminta seller/suplier mengirimkan barang/orderan ke costumer nte dengan mencantumkan nama, alamat, no hp, toko nte sebagai pihak pengirim.
  3. Carilah mentor, cobalah bertanya kepada teman atau kenalan yang sudah terlebih dahulu menjalani bisnis online shop ini, mungkin teman nte bisa memberi solusi mengenai produk yang ingin nte jual, nte juga bisa mengambil nilai positif dan negatif dari pengalaman temen nte tersebut.
  4. Buatlah strategi, pada dasarnya ketika nte memutuskan terjun dalam bisnis ini, nte berarti harus siap bersaing dengan online shop yang lain, pikirkan kelebihan dan kekurangan produk nte, bagaimana nte memasarkannya di internet, bagaimana service nte pada pembeli agar dia percaya dan merasa nyaman berbelanja di online shop nte, dan yang paling penting adalah bagaimana nte memberi pelayanan kepada pembeli ketika dia menemukan masalah pada produk yang telah ia beli. Nte tidak hanya berjualan, tapi nte berbisnis, nte harus memiliki cara bagaimana si pembeli merasa puas dan kembali membeli lagi produk nte lalu membantu mempromosikan online shop nte ke lingkungannya.
  5. Pelajarilah nilai postif dari media sosial  yang ada,
    Media sosial saat ini merupakan tempat berbagi dan berkumpulnya orang orang dari berbagai tempat, banyak sekali orang yang dapat kita jangkau dari media sosial, kita dapat berinteraksi, menjalin hubungan baik, bahkan berbisnis dengan mereka melalui media sosial. Cobalah bangun hubungan yang baik dengan banyak orang di media sosial sekalian promosikan online shop nte, bergabunglah dengan komunitas yang memungkinkan nte menjual produk kepada anggotanya. Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi gratis untuk online shop nte.
  6. Cobalah membeli produk dari online shop yang ada, sebelum nte memulai online shop, cobalah nte membeli beberapa produk dari online shop yang sudah ada saat ini. Dengan begitu nte bisa memahami bagaimana cara online shop itu bekerja, bagaimana cara pembeliannya, berapa lama pengirimannya, dan bagaimana produknya.
  7. Berdoa, Inilah yang terpenting dari semuanya. Bergantunglah kepada yang Maha memberi rezeki, kita hanya perlu berikhtiar sebaik baiknya dan perbanyak berdoa.

Itu tadi beberapa tahapan sebelum yang harus nte lakuin sebelum memulai online shop yang ane ambil dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi. Untuk penjelasan yang lebih detailnya nte bisa searching sendiri mengenai planing dan strategi marketingnya, atau bisa liat ditulisan ane selanjutnya.

Bagi nte nte yang sekarang masih nganggur, coba deh buka online shop. Jangan buang – buang waktu ga jelas, siapa tau online shop nte sukses dan rame yang beli. Atau bisa juga buat ibu – ibu rumah tangga, dan pekerja yang pengen punya penghasilan tambahan. Bangsa ini bakal mengalami kemajuan pesat apabila setiap orang dapat menghasilkan dan mencukupi dirinya sendiri dengan cara yang halal, baik itu dengan bekerja atau bisnis/usaha.

bbcdaab8ebe5fcfd9d92c9e7ff1cf620

Sebenernya masih banyak lahan bisnis yang menjanjikan di dunia internet selain online shop. Selama nte punya waktu luang, perbanyaklah belajar dan mencari informasi. Pergunakan waktu sebaik baiknya.

Semoga tulisan ane ini bermanfaat, kalo banyak salah kata mohon di maafkan karna ane masih tahap belajar.

Terimakasih semoga nte bahagia. 😀

Salam sukses!!

Advertisements

One thought on “Yuk Bisnis Online Shop Daripada Nganggur

  1. I have been surfing online more than 2 hours today, yet I
    never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me.
    In my view, if all site owners and bloggers made good content
    as you did, the web will be much more useful than ever before.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s