10 Cara menjaga agar tubuhmu tetap dalam kondisi fit

Saat ini kondisi cuaca memang kurang bersahabat, hampir setiap harinya wilayah kita diguyur hujan. Hal ini tentu berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Tidak sedikit diantara kita yang jatuh sakit, dan banyak hal yang akan terhambat dan juga kita korbankan ketika kita sakit.

Berikut adalah 10 tips agar kondisi tubuh kita tetap terjaga dan tetap fit. 

  1. Selalu berfikir positif, dimana pun dan kapan pun anda berada. Nikmatilah pekerjaan anda, rintangan yang anda hadapi, dan segala kondisi yang memang harus anda terima. Perlu diingat di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Jangan biarkan jiwa anda melemah dan menjadi stress, sehingga penyakit mudah menyerang tubuh anda.
  2. Istirahat yang cukup, berikan hak tubuh anda untuk beristirahat setelah melakukan rutinitas seharian. Hindari begadang karena akan membuat tubuh anda kelelahan dan tidak fit keesokan harinya.
  3. Olah raga yang teratur, dengan berolahraga tubuh anda akan membakar lemak dan segala racun yang mengendap di dalam tubuh. Buatlah jadwal olahraga disela rutinitas anda. Misalnya 2 kali dalam 1 minggu.
  4. Jagalah selalu kebersihan, baik pada diri anda, pakaian yang anda kenakan, atau tempat tinggal anda. Biasakan mencuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur dan mandi 2 kali sehari.
  5. Rajin kosumsi makanan berserat, seperti daging, buah mangga, dll. Karena makanan berserat mempunyai kadar protein dan vitamin yang tinggi, sehingga dapat menambah kekebalan tubuh kita dan menjaga dari virus atau penyakit yang masuk.
  6. Makanlah secara teratur, misalnya 3 kali dalam sehari. Pola makan yang teratur dapat menjaga tenaga dalam tubuh kita, sehingga selalu fit dalam beraktifitas. Dan usahakan jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan obesitas yang berdampak buruk bagi kesehatan. 
  7. Rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Selain baik bagi tulang, vitamin D juga dapat menambah kekebalan pada tubuh.
  8. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari, agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) yang dapat menyebabkan tubuh lemas dan hilang fokus. 
  9. Hindari segala hal yang dapat merusak kesehatan anda, seperti merokok, minum alkohol, makanan siap saji yang banyak mengandung bahan kimia, dll. 
  10. Biasakan bangun pagi, dan lakukan pemanasan sederhana sebelum beraktifitas. Hal ini dilakukan agar otot otot yang kaku melemas, dan peredaran darah lancar. Selain itu di pagi hari udara relatif masih bersih dan segar, baik untuk paru paru. 

Itulah 10 cara menjaga agar kondisi tubuhmu tetap fit. Jagalah kesehatan tubuh anda, karena kesehatan merupakan sesuatu yang berharga dan mahal. Banyak hal yang anda korbankan apabila anda sakit. Selain mahal, tubuh anda juga adalah asset yang sangat berharga yang anda miliki. 

Demikian dari saya, semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s