Tips Memulai Bisnis Online Shop di Rumah

Berbisnis memang tidak mudah, membutuhkan niat dan mental yang kuat, kegigihan, serta semangat juang yang tinggi. Jatuh bangun sudah menjadi hal yang biasa, namun apabila tetap konsisten, tidak sedikit orang yang berhasil merasakan buah manis dari berbisnis.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kita dipermudah dalam melakukan berbagai hal, bahkan dalam hal jual beli dan sebagainya. Hal ini juga menjadi lahan berbisnis yang cukup baik mengingat internet seakan menjadi kebutuhan pokok sebagian besar orang saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis online shop mengalami peningkatan cukup pesat di Indonesia. Perilaku konsumtif bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu pun mulai beralih perlahan ke dunia digital. Setiap harinya ada ribuan paket yang dikirimkan ke berbagai kota secara signifikan oleh penyedia jasa ekspedisi. Hal ini dipengaruhi oleh berkembangnya bisnis online dengan fitur menarik setiap harinya.

Apakah anda tidak tertarik untuk mencoba bisnis online shop?

Bisnis online shop memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :

  • Tidak memerlukan banyak modal.
  • Jangkauan pasar yang tidak terbatas.
  • Tidak terikat dengan waktu, bisa kapan saja dan dimana saja.
  • Mudah dijalankan.
  • Keuntungan yang cukup menjanjikan.

Berikut ini 4 cara mengembangkan bisnis online shop anda :

1. Blogging

Membuat blog adalah salah satu cara paling umum yang biasa dilakukan. Dengan membuat blog, anda bisa membuat tulisan tentang produk yang anda jual, tips seputar produk, dan arahan pada galeri priduk yang anda jual. Blog yang biasa digunakan antara lain : WordPress, Blogspot, Detik ataupun Multiply.

2. Social Media

Social media adalah tempatnya orang orang berkumpul secara digital, tidak terbatas pada tempat dan jarak. Hal ini menjadi media promosi yang sangat ampuh ketika anda mempromosikan produk yang anda jual. Anda dapat dengan mudah membagikan foto produk anda, keterangan, video, bahkan artikel blog anda.

3. Youtuber

Selain dalam bentuk gambar, anda juga dapat membuat video tentang produk anda, tips, atau segala sesuatu berbentuk video tentang produk anda dan mengunggahnya ke youtube. Hal ini dapat meningkatkan promosi mengenai produk anda.

4. Dropship

Dropship adalah metode pengiriman barang yang dipesan oleh penjual tanpa menyimpan stok barang kepada supplier kemudian langsung mengirimnya ke pelanggan dengan mengatasnamakan penjual. Penjual disebut juga dropshiper.

Dengan menjadi dropshiper anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk yang akan anda jual kembali. Cukup anda hubungi produsen / supplier produk tersebut, dan membuat kesepakatan. Anda pun tidak perlu mengemas barang tersebut dan datang langsung ke penyedia jasa pengiriman. Cukup anda memberikan alamat kepada supplier produk tersebut, maka ia akan mengirimkannya ke konsumen anda atas nama anda.

Berbisnis online tidak sulit bukan? Hanya dengan niat dan kemauan yang kuat anda pasti bisa!

Salam,

Bewara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s